Portal Rujukan Pecinta Alam

8 September 2016

10 Gunung di Pulau Jawa yang Patut Dicoba dan Cocok Buat Pendaki Pemula

10 Gunung yang Patut Dicoba dan Cocok Buat Pendaki Pemula - Anda suka adventure? Ingin mendaki gunung tapi masih takut ? Nah, artikel ini cocok buat kamu yang baru saja menjejaki hobi sebagai pendaki gunung, ups ! jangan buru-buru bernafsu menaklukan gunung-gunung yang menjulang tinggi dengan tingkat kesulitan yang menantang. Coba dulu gunung yang cocok dengan kemampuanmu mulai dari yang terendah hingga yang lumayan tinggi.

Buat kamu yang sudah tak sabar ingin segera mendaki, silahkan dijelajahi gunung-gunung berikut yang tingkat kesulitannya cukup ramah bagi pendaki pemula. Apa saja dan kenapa gunung-gunung ini ramah untuk pendaki pemula? Yuk langsung disimak aja!

1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta : 700 mdpl

Gunung ini ada di Yogyakarta, disebut dengan Gunung Nglanggeran karena lokasinya yang terletak di Desa Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Gunung ini merupakan gunung api purba yang terbentuk dari susuan karst yang menjadi ciri daerah Gunung Kidul. Untuk mencapai desa Nglanggeran, kamu cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Kalau pakai Bus bisa anda perkirakan sendiri ya?.

Gambar: Gunung Nglanggeran

Gunung ini cocok sekali buat anda yang baru pertama kali mendaki gunung. Dengan ketinggian yang cuma 700 mdpl dan medan yang landai, waktu tempuh hanya perlu + 1 jam untuk sampai di puncak. Puncak yang paling bagus adalah di sisi selatan dan cocok buat dijadikan tempat kemping bareng.

2. Gunung Andong, Jawa Tengah: 1.762 mdpl

Tidak terlalu jauh dari Yogyakarta, tepatnya di Magelang, Jawa Tengah, ada juga gunung yang cocok untuk belajar mendaki pertama kali, namanya Gunung Andong. Gunung ini tingginya hanya 1.726 mdpl, disini terdapat pemandangan yang cukup indah saat berada di puncaknya. Anda tidak akan tersesat meskipun seorang diri karena jalurnya mudah dan jelas, dilengkapi sejumlah papan penunjuk yang akan memandu perjalanan anda.
Gambar: Gunung Andong

Dari basecamp sampai ke puncak, cuma butuh waktu sekitar 1,5 jam berjalan kaki. Di atas, anda bisa menemukan puncak yang menyerupai punuk sapi. Untuk bisa mencapai puncak “punuk” tersebut, Anda harus punya nyali, karena harus melewati jalan setapak yang sempit dihiasi jurang di kanan-kirinya.

3. Gunung Papandayan, Jawa Barat : 2.265 mdpl

Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat, ini punya pesonanya sendiri. Dalam perjalanan menuju puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan beberapa kawah belerang seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Ada pulan padang Edelweis luas yang bernama Tegal Alun, sebelum Anda akhirnya mencapai puncak dan menemukan kawah Papandayan. Anda juga akan menemukan pemandangan keren sekaligus mistis di hutan mati.
Gambar: Gunung Papandayan

Meski katanya cocok buat pemula, tetap gak boleh meremehkan gunung ini, ya. Butuh waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak Papandayan yang terletak di 2.665 mdpl melalui jalur trekking yang landai. Tetap persiapkan stamina dan perbekalan anda.

4. Gunung Gede, Jawa Barat: 2.958 mdpl

Gunung Gede yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat adalah salah satu gunung favorit para pendaki, baik yang pemula maupun yang sudah berpengalaman. Di perjalanan, Anda bisa menemukan berbagai lokasi menarik seperti air terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga, maupun padang edelweis.
Gambar: Gunung Gede

Untuk sampai ke puncak Gunung Gede yang tingginya 2.958 mdpl, Anda yang masih pemula disarankan mengambil jalur Cibodas yang treknya cukup landai dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Jangan lupa bawa peralatan yang diperlukan ya, karena perlengkapan anda akan dicek petugas sebelum Anda mulai mendaki.

5. Gunung Prau, Jawa Tengah : 2.565 mdlp

Gunung Prau adalah salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia, sehingga tempat ini menjadi tempat favorit pecinta alam untuk kemping sambil menanti mentari terbit. Dari puncaknya, Anda bisa melihat puncak Sindoro-Sumbing serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan.
Gambar: Gunung Prau

Jalur trekking tersingkat bisa kamu lewati dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Cukup dengan melibas medan yang agak curam selama kurang lebih tiga jam, kamu sudah bisa menginjakkan kaki di puncak yang tingginya 2.565 mdpl.

6. Gunung Ungaran, Jawa Tengah: 2.050 mdpl

Gunung Ungaran terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sekitar 40 kilometer dari Kota Semarang. Gunung ini memiliki tiga puncak, yaitu Gendol, Botak, dan puncak tertingginya, Ungaran, yang setinggi 2.050 mdpl. Untuk sampai ke puncaknya, Anda perlu trekking selama sekitar 4 jam melalui jalur Jimbaran. Jalurnya landai kok, tapi akan semakin curam ketika Anda hampir sampai di puncak.
Gambaran: Gunung Ungaran

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan serta kebun teh. Oh iya, waspadai cuaca buruk, jangan memaksa ke puncak kalo emang kondisinya gak memungkinkan.

7. Gunung Ijen, Jawa Timur: 2.443 mdpl

Ke ujung timur Pulau Jawa, yuk! Tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terdapat gunung yang cocok untuk didaki oleh pemula, yaitu Gunung Ijen. Di sini, Anda bisa menikmati indahnya pesona kawah Ijen di ketinggian 2.443 mdpl. Gak cuma itu, Anda juga bisa melihat aktivitas penambang belerang, lho. Di malam hari, kamu juga bisa menikmati indahnya fenomena api biru kawah Ijen.
Gambar: Gunung Ijen

Dari pos pendakian Paltuding, Anda cuma butuh sekitar 2,5 jam untuk sampai ke puncaknya. Tapi hati-hati, karena medannya berpasir dan lumayan curam pada beberapa titik di jalur pendakian.

8. Gunung Batur, Bali : 1.717 mdpl

Nah, kali ini kita sedikit menyeberang ke timur Pulau Jawa, yaitu di Pulau Bali. Tepatnya di daerah Kintamani, Anda bisa menjajal pendakian ke puncak Gunung Batur. Dengan puncak setinggi 1.717 mdpl, gunung indah yang satu ini termasuk ramah buat pemula. Tapi, keindahannya jangan ditanya, pastilah bakal membuat Anda terkagum-kagum.
Gambar: Gunung batur

Di puncak Gunung Batur, Anda akan menemukan salah satu kaldera terindah di dunia dengan Danau Batur sebagai pusatnya. Untuk sampai di atas, hanya diperlukan waktu sekitar 2-3 jam dengan medan yang tidak terlalu sulit. Oh iya, pastikan Anda memburu sunrise di puncak, ya!

9. Gunung Sindoro, Jawa Tengah: 3.136 mdpl

Gunung Sindoro sering disebut juga dengan Sindara atau Sundoro. Gunung yang terletak di daerah Temanggung, Jawa Tengah, ini adalah gunung berapi aktif setinggi 3.136 mdpl yang berdampingan dengan Gunung Sumbing. Puncaknya bisa ditempuh lewat beberapa jalur, antara lain Jalur Kledung (Temanggung), Jalur Sikatok (desa Sigedang – Kejajar Tambi kab. Wonosobo), Jalur Sibajak (Temanggung), serta Jalur Jlumprit (Dusun Katekan).
Gambar: Gunung Sindoro

Buat pendaki pemula, menapaki puncak Sindoro adalah tantangan tersendiri. Medan yang ditempuh cukup bervariasi, mulai dari yang landai, terjal sampai curam. Belum lagi ditambah dengan ketiadaan sumber air. Tapi, segala kesulitan itu gak akan begitu terasa karena Anda bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalan.

10. Gunung Lawu, Perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah: 3.265 mdpl

Jangan ciut dulu dengan sosok Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 mdpl. Gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini cukup ramah bagi pendaki pemula, kok. Anda gak perlu cemas dengan medannya, karena jalurnya relatif mudah dan aman. Selain itu, sudah tersedia bangunan beratap di setiap pos, sehingga memungkinkan pendaki untuk berteduh dan beristirahat.
Gambar: Gunung Lawu

Ada tiga jalur pendakian yang bisa Anda lalui, yaitu jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, dan Candi Seto. Buat pemula yang ingin muncak, disarankan mengambil jalur Cemoro Sewu yang jarak tempuhnya lebih pendek. Yang unik, di pos 5 sebelum puncak terdapat sebuah warung yang menjajakan makanan, jadi kamu gak perlu takut kelaparan. Saat turun, barulah Anda mengambil jalur Cemoro Kandang, karena treknya landai, lebih aman buat lutut.

Ahaa..itulah 10 Gunung di Pulau Jawa yang Patut Dicoba dan Cocok Buat Pendaki Pemula. Sebelum memutuskan untuk mendaki gunung, pastikan Anda telah melakukan persiapan matang dan mendapatkan informasi tempat tujuanmu secara lengkap. Ingat! Keselamatan adalah hal terpenting yang harus selalu Anda perhatikan.



Selamat mencoba ! Salam Adventure ! :)
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Gunung di Pulau Jawa yang Patut Dicoba dan Cocok Buat Pendaki Pemula

3 komentar:

  1. MataJala (Pecinta Alam) Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen. JL Kusuma No. 75 Kebumen, Jawa Tengah.
    Web: http://matajala.itumnu.com
    email: matajala@itumnu.com

    ReplyDelete